Perkembangan Dunia IT pada Bidang Otomotif Setiap ada perkembangan baru di dunia IT maka pasti akan diikuti juga oleh munculnya produk baru di bidang otomotif. Diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut:1. Mood TrainingMobil yang memadukan konsep alam dan ramah lingkungan. Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi "Mood Training" yang terletak di setir yang akan memonitor psikologi si pengendara. Ini masih dalam bentuk konsep yang akan dikeluarkan oleh Toyota.2. Komputer MobilPerangkat keras utama dalam sistem ini adalah central processing unit (CPU). Untuk mempermudah pemasangan digunakan casing produksi Trivia yang sama dengan standar perangkat audio di mobil (berukuran 1 din, lebar 17,78 cm dan tinggi 5,08 cm), sehingga tidak perlu dilakukan banyak modifikasi interior mobilMotherboard yang digunakan berukuran Mini-ITX (17 cm x 17 cm). Untuk mengurangi panas, dipilih motherboard kecepatan sedang, yaitu VIA EPIA M6000, menggunakan processor VIA Eden 600 MHz, sudah cukup andal menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis Windows XP. Untuk media penyimpanan, digunakan harddisk 40 GB 2,5 inci, yang didesain lebih tahan guncangan dibandingkan harddisk biasa berukuran 3,5 inci. CPU ini juga dilengkapi dengan pemutar DVD. Pada bagian depan komputer terdapat dua buah rongga USB versi 2.0, untuk memasang berbagai perangkat yang sesuai dengan standar USB. Kita bisa menggunakan keyboard USB untuk mengetik. Transfer data bisa dilakukan dari atau ke USB Flash. Koneksi Bluetooth didapatkan dengan menempelkan interface bluetooth pada slot USB. Koneksi ke internet menggunakan CDMA ataupun GPRS bisa dilakukan dengan menghubungkan handphone ke rongga USB ini. Selagi mobil berjalan, kita dapat terkoneksi ke internet selama masih berada dalam cakupan layanan selular. Monitor yang digunakan juga memiliki ukuran 1 din, sehingga bisa dipasang dengan mudah pada dudukan tape mobil. Saat tidak digunakan, layar terlipat dan masuk ke kotaknya, mirip cara kerja TV mobil yang sudah banyak digunakan. Meskipun komputer bisa dihubungkan dengan monitor TV, sebaiknya digunakan monitor SVGA dengan resolusi hingga 468 x 800 piksel (tipe lebar) berdiameter 7 inci. Untuk mempermudah melakukan kontrol ke komputer, monitor juga difungsikan sebagai layar sentuh untuk pengganti mouse. Dengan sentuhan satu jari, dapat dilakukan beberapa fungsi sederhana, misalnya untuk mengaktifkan aplikasi pemutar lagu, atau mengatur volume musik yang diputar. Layar sentuh dapat ditulisi, seperti penggunaan fitur grafiti pada PDA, sebagai pengganti keyboard untuk mengetik. Sistem operasi Windows XP versi Tablet PC menjadi pilihan menarik karena didesain untuk mengoptimalkan komputer yang menggunakan layar sentuh. Sistem listrik Perbedaan komputer mobil dengan komputer biasa adalah sistem kelistrikannya. Komputer menggunakan power supply unit yang akan mengubah arus listrik AC 220 Volt menjadi arus listrik DC 12 Volt. Pada mobil terdapat sumber daya DC 12 Volt, namun kualitas listrik mobil yang bergantung pada putaran mesin, menyebabkan arus tidak stabil. Untuk mengatasi permasalahan ini, digunakan power supply unit yang dirancang untuk mobil. Perangkat pasokan listrik M2-ATX produksi mini-box.com mampu bekerja dengan pasokan listrik mulai dari 6-24 Volt. Power supply unit ini bisa mendeteksi saat mesin mobil mati, dan mengatur komputer memasuki mode hybernate. Beberapa menit kemudian, arus yang masuk ke komputer diputuskan, untuk mencegah permasalahan pada aki mobil jika kita lupa mematikan komputer pada saat mematikan mobil. Penggunaan komputer mobil sebagai media hiburan dapat dilakukan dengan mudah. Dengan kapasitas harddisk cukup besar, kita bisa menyimpan ribuan lagu dalam format MP3. Kita juga bisa memutar MP3, CD Audio, VCD, ataupun DVD. Dengan TV Tunner yang dihubungkan ke slot USB, kita bisa menikmati siaran televisi. Perlu ditambahkan juga antena TV pada atap mobil. Komputer ini juga bisa menjadi alat bantu navigasi yang andal, dengan menambahkan GPS receiver (dengan rongga USB ataupun rongga serial). Jangan lupa memasang aplikasi navigasi seperti Ozi Explorer, dan memasukkan peta yang dibutuhkan.3. Motor Solar CellKalau musim panas, motor ini tidak perlu mampir ke pompa bensin. Dengan menggunakan 4 buah 30W solar cell panel, motor ini cukup di jemur ketika mengisi baterai. Motor ini setelah digunakan langsung dipajang dengan membuka panel surya untuk mengisi baterai selama 80 jam. sehingga selain hemat biaya motor ini juga hemat energi.4. Teknologi LCD Menjadi Indikator PersnelingRevolusi baru dari teknologi LCD merambah otomotif. Perselingkendaraan dilengkapi dengan display LCD ketika sedang berkendara akan menunjukan posisi gigi kendaraan. Pengemudi akan lebih jelas melihat posisi gigi ketika memacu kendaraan, konon dengan petunjuk ini dapat menghemat bahan bakar. Karena pengemudi tidak pernah lupa melihat kondisi perseling dengan kecepatan.5. Simulator Kereta ApiSimulator kereta api adalah sebuah perangkat lunak komputer yang menyimulasikan pengoperasian kereta api. Beberapa aspek yang termasuk dalam simulasi kereta api antara lain:• Mengendalikan kereta api, menampilkan pandangan dari kabin masinis. • Mengatur sinyal perjalanan kereta api. • Memimpin sebuah perusahaan kereta api.6. Alarm MobilKalau ada orang yang hanya mendekat dan menyender di bodi mobil, bola akan meluncur ke tombol kontak pertama. Sensor akan meneruskan informasi ke komputer. Komputer mendeteksinya sebagai getaran yang tidak terlalu penting dan tidak mengaktifkan alarm. Namun kalau goyangannya membesar, bola terus bergerak menuju tombol utama, komputer akan mengaktifkan sistem alarm.Sensor tekananUsaha pencurian yang semakin canggih mendorong perkembangan teknologi alarm. Kini alarm tidak hanya menghasilkan suara bunyi, tetapi bisa langsung mematikan sistem pengapian mobil, sehingga mesin tidak bisa distarter. Untuk mencegah pencurian mobil yang memecahkan kaca jendela mobil, dikembangkan teknologi alarm sensor tekanan udara. Alarm langsung berbunyi bila kaca jendela dipecahkan. Sistem ini menggunakan microphone kecil yang dihubungkan dengan komputer mobil. Microphone bertugas mengukur fluktuasi tekanan udara berdasarkan frekuensi. Memecahkan kaca mobil menghasilkan frekuensi tertentu yang akan diterjemahkan komputer sebagai pencurian kendaraan bermotor.Sistem tekanan yang lebih canggih, dirancang mampu membedakan antara tekanan udara di luar dan di dalam kabin. Bila ada perbedaan antara tekanan udara luar dan di dalam, secara otomatis alarm akan berbunyi. Mekanisme kerjanya menggunakan speaker pendeteksi tekanan udara.Metode kerjanya memanfaatkan prinsip pergerakan cone speaker dan electromagnet yang dipasang di belakang cone. Alunan musik yang dihasilkan speaker sebenarnya merupakan getaran maju mundur cone yang didorong oleh elektromagnet. Pada sistem tekanan udara, prinsip kerjanya dibalik. Perbedaan fluktuasi menggerakkan cone maju mundur, yang diteruskan ke electromagnet. Selanjutnya electromagnet meneruskan informasi ini ke komputer mobil yang sudah memiliki data tentang segala jenis getaran elektromagnet. Jika komputer mendeteksi ada perbedaan yang signifikan dibandingkan tekanan kabin standar, komputer memerintahkan sirene untuk berbunyi.Bahkan kini pemilik dapat mengetahui kendaraannya ada yang membobol karena alat sensor di gantungan kunci akan berbunyi dan bergetar bila ada yang berupaya memasuki atau mengganggu mobil. Dengan teknologi yang semakin canggih alat detektor ini bisa memberi peringatan pada pemiliknya hingga jarak 1 km. Selain itu, dengan alat GPS bila mobil dicuri dengan derek atau masuk kontainer masih bisa dideteksi. 6. Pengontrol JarakTeknologi maju pada otomotif juga dimaksudkan untuk mengamankan penumpang di dalamnya bila terjadi tabrakan. Mercedes Benz dan Toyota sudah memasang sistem pengontrol jarak.Dengan demikian pengemudi dapat menentukan, berapa jarak yang diinginkan dari mobil yang ada di depannya. Komputer akan mengatur untuk mengurangi kecepatan hingga mendekati limit jarak yang diinginkan. Peralatan ini juga sudah banyak dipasang, untuk keperluan parkir. Bila Toyota menggunakan sistem sinar laser, Mercedes Benz menggunakan sistem radar.7. Stabilitas ElektronikDaimlerChrysler, General Motor, dan BMW, sudah menggunakan sistem stabilitas elektronik, yang membuat mobil tetap stabil meski kemudi dibanting ke kiri atau ke kanan guna menghindari orang menyeberang atau hewan yang melintas secara tiba-tiba.Sistem sensor pada roda dan kemudi, akan mengirim sinyal ke komputer, dan komputer akan mengatur rem agar putaran roda tidak tergelincir dan pengemudi tetap dapat mengendalikan kendaraannya.Bila temuan ini digabungkan dengan sistem radar atau sinar laser, maka sistem ini bisa mengambil alih peran sopir dari roda kemudi. Sehingga pengemudi bisa tidur dan membiarkan mobil berjalan sendiri. Digunakannya sinar laser atau radar, akan menghindarkan kendaraan dari tabrakan. Seluruh kendali akan diambil alih komputer, seperti mengerem, mengurangi kecepatan, dan menghindar sendiri bila ada dari samping tiba-tiba ada orang menyeberang.8. Mobil HibridaDirencanakan pada suatu saat, orang dengan mudah merubah mobil lamanya menjadi mobil hibrida dengan mengganti komponen mesin, yaitu fly wheel. Bagian ini akan berfungsi sebagai generator yang menghasilkan arus untuk pengisian aki dan pada kesempatan lain digunakan untuk menghidupkan mesin berfungsi sebagai starter.9. Ban PintarSelain di bidang mekanik dan mesin, komponen mobil yang lain juga mengalami kemajuan. Pabrik ban Michelin, beberapa waktu lalu memperkenal-kan ban yang tetap bisa dioperasikan sejauh 200 kilometer meski tanpa angin. Ban model ini sudah digunakan pada mobil mewah Mercedes dan Lexus. Dengan adanya ban seperti ini, pengendara tidak perlu khawatir bila tiba-tiba bannya kempes, ia bisa mencari tempat aman untuk menggantinya.Kini, pabrik ban Firestone mengumumkan penemuan ban pintar. Di dalam roda ada "pemancar" sekaligus sensor. Sensor itu akan mendeteksi tekanan angin dari tiap ban dan akan mengirim sinyal ke panel di depan pengemudi. Mata pengemudi dengan mudah bisa membaca tekanan tiap roda, dan dengan demikian membantu pengemudi untuk segera menambah tekanan angin.Temuan ini dirasa perlu mengingat tekanan angin ban yang tidak sama menjadi penyebab mobil tidak stabil. Bila tekanan angin ban tidak sama, mobil akan mudah slip bila dipacu dalam kecepatan tinggi. 10. AVL (Automatic Vehicle Location)Kini produsen otomotif mengembangkan AVL (automatic vehicle location) yang menggunakan fasilitas Global Positioning System (GPS). Teknologi AVL sudah banyak digunakan pada mobil di Eropa, Jepang, dan Amerika, amat bermanfaat untuk mencari alamat rumah atau membelokkan mobil mencari jalan alternatif menghindari kemacetan.Sebuah sistem telematik yang dihubungkan dengan satelit, akan memu-dahkan seseorang menemukan lokasi di darat. Untuk menggunakan teknologi ini, mobil harus dilengkapi alat penerima sinyal dan peta standar yang ditampilkan di layar monitor komputer.Selain itu, AVL juga memiliki memori yang bisa membantu pengemudi yang belum mengenal lokasi. Bila melalui daerah yang belum diketahui, penge-mudi bisa menyimpan datanya hanya dengan menekan tombol. Nantinya, data itu akan dapat digunakan orang lain yang belum pernah mendatangi lokasi itu. Beberapa produk yang ada dipasaran adalah sebagai berikut:1. iGUARD - 118TGPS (Mobil dikendalikan dan dilacak dari HP) 2. GSM CAR ALARM : iGUARD - 808RC (Mobil dikendalikan dari HP) - Dapat dipasang dengan alarm lama
"The Docktor"
"The Docktor" Valentino Rossi, seorang yang sangat fenomenal bagi saya, dan tentu saja bagi para penggemar lain. Tetapi saya bukan orang yang ikut-ikutan ngefans dengannya, sama seperti teman-teman saya dan para pecinta balap motor GP lainnya. Sosok Valentino Rossi pemuda kelahiran Urbino, Italia 16 Februari 1979 ini sangat istimewa dan banyak memberi inspirasi bagi saya. Dia bukan hanya dilahirkan dari lingkungan pembalap, karena ayahnya Graziano Rossi yang merupakan pembalap besar Motor GP kelas 250 cc di era 70-an. Tetapi, jika saya amati dibandingkan dengan pembalap-pembalap lain di kelasnya, seperti musuh bebuyutannnya Cassy Stoner, Dany Peddrosa, dan lain-lain. Rossi punya keistimewaan, yaitu dengan mempunyai mental pemenang. "Sekali didepan, harus terus didepan" itulah Rossi menurut saya.Aksinya diatas lintasan sirkuit, selalu memukau dan memberikan kepuasan bagi para penggemarnya. Ia adalah pembalap handal, yang sulit untuk dikalahkan setelah era Michael Doohan. Sejak kecil, saat anak-anak seusianya masih main dengan mainan motor-motoran, Rossi sudah bermain dengan motor sungguhan dan telah menjuarai berbagai kejuaraan balapan. Saat usianya baru menginjak 7 tahun atau pada tahun 1985, dia sudah menjuarai keuaraan Go-Kart pertamanya. Dan prestasinya semakin meningkat, seiring dengan pertumbuhannya dari balapan Go-Kart kelas 60 cc dan sering mendapatkan juara, lalu naik menjadi minimoto, dan pada tahun 1992 menjuarai Italian minibike Endurance. Pada tahun 1993 - 1997 dia selalu menguasai balapan pada kelas 125 cc, baik sebelum masuk Granprix, maupun setelah dia masuk Grandprix.Pada tahun 1998 dia naik kelas menjadi 250 cc dan menjadi runner up, tetapi pada musim berikutnya, dia berhasi menjurai Grandprix 1999 pada kelas yang sama.Di tahun 2000 hingga sekarang, dia selalu menjadi bintang sirkuit yang selalu mendominasi balapan di kelas bergengsi Motor GP 500 cc. Mulanya ia mendukung pabrikan tim Repsol Honda, dengan mengendarai Honda RC211V yang pernah mengantarkan Doohan menjadi juara dunia berturut-turut dari tahun 1992 - 1998, dan juga dirinya (Roosi-red) pada tahun 2002-2003. Tetapi selanjutnya, ia memutuskan untuk hijrah ke pabrikan Yamaha, dan membuat pesimis banyak orang. Karena motor dari pabrikan Yamaha dipandang belum pernah atau jarang naik podiom di Motor GP. Perpindahan Rossi ke tim Yamaha tidak sendiri, dia membawa kepala mekaniknya Jerremy Burgess, yang dulu juga menjadi mekanik Michael Doohan di Honda. Mereka melakukan serangkaian tes membenahi teknologi motor Yamaha YZR M1 milik Rossi agar mampu menandingi motor terkuat di MotoGP saat itu, RC211V milik Honda.Hasilnya, motor Yamaha setelah Rossi yang pegang selalu naik podium. Hal ini membawa keberuntungan bagi Yamaha, karena secara tidak langsung pabrikan motor ini menjadi lebih terkenal dan mendapat kepercayaan dari konsumen dunia. Setelah sempat terpuruk pada tahun 2007, karena ketidak cocokannya dengan masalah ban yang mendukungnya yaitu menggunakan ban Macceline, sehingga membuat dia tidak bisa memberikan penampilan terbaiknya. Hal itu memberikan kesempatan kepada Cassy Stoner untuk menjadi juara dunia Motor GP pada musim itu, dengan dukungan dengan motor Ducati yang prima dan ban Brigiston, yang dianggap Rossi merupakan ban yang sempurna.Bagi Rossi motornya mungkin tidak masalah, tetapi ban sangat berpengaruh. ketika masih menggunakan Macceline, Rossi sering mengeluhkan pada pasangan ban yang kurang pas pada beberapa kondisi sirkuit dan cuaca, sehingga pada musim lalu dia sering mengalami celaka saat menggeber motornya mengejar motor Ducati milik Stoner.Harus diakui, Stoner punya motor yang bagus, dan dia juga punya skill membalap yang bagus pula. Sehingga Rossi sangat berhati-hati dengan musuh beratnya ini. Untuk dapat menandingi Stoner, minimal dia harus menyamakan ban yang dipakai oleh Stoner, yaitu menggunakan Brigistone. Oleh sebab itulah, pada musim balap tahun ini (2008) dia ngotot untuk memakai ban ini. Padahal rekan satu timnya Jorge Lorenzo masih menggunakan ban keluaran Micceline.Dukungan ban Brigistone dikencah Rossi pada musim ini, membawa dia kembali bangkit menunjukkan aksi terbaiknya. Saya sangat terpukau dengan penampilannya, karena meskipun ia berada pada pole position di urutan bawah, tetapi dengan ketekunan dan kelihaiannya dia mampu mengejar lawan-lawannya yang tengah jauh melesat didepannya.Saat di Motegi Jepang misalnya, race yang menentukan dia untuk meraih gelar juara dunia ke 8 kalinya. Pada saat start dia berada pada pole urutan ke empat, setelah Pedrosa. Dan saat lampu start menyala dia sempat tertinggal di urutan ke lima dibelakang Hayden. Tetapi kondisi itu tidak berlangsung lama, Lorenzo rekan setimnya yang pole diurutan pertama, malah tertinggal diurutan ke tiga, sedangkan posisi pertama dan kedua ditempati Stoner dan Pedrosa. Balapan berjalan sangat dramatis, satu-persatu Rossi melewati lawan-lawannya. Setelah mendahului Hayden, Rossi lantas mengejar Lorenzo, dan berhasi mendahului. Saat itu Stoner dan Pedrosa saling menyalib, dan selalu berganti posisi. Mungkin mereka tidak menyadari, kalau ternyata Rossi sudah berada dibelakang mereka, pada lap ke 10 akhirnya Rossi bisa melampoui Pedrosa, dan sekarang tinggal Stoner yang ada didepannya.Pertarungan antara Stoner dan Rossi ini pun berlangsung cukup lama. Rupanya Rossi tidak mau buru-buru untuk ngotot menggeber motornya supaya cepat mengejar Stoner. Dia cukup sabar dan hati-hati, terus memepet berada dibelakang Stoner sambil mencari celah yang pas untuk mendahuluinya.Motor Ducati milik Stoner memang sangat cepat untuk di geber di trek lurus, dan selalu meninggalkan jarak yang lumayan signivikan dengan motor Yamaha Rossi, tetapi Rossi punya skill yang jitu di tikungan yang tidak dimiliki oleh pembalap-pembalap lain. Pada lap 13 Rossi berhasil mendahului Stoner, yang diawal lomba telah mendominasi perlombaan. Tetapi Stoner tidak mau mengalah begitu saja, dia terus mengejar dan memberi tekanan kepada Rossi, tetapi pada lap-lap terakhir Rossi mampu meninggalkan Stoner, yang akhirnya dapat merebut kembali gelar juaranya yang ke delapan. Nomer 46 bagi Rossi46 selalu identik dengan Rossi, nomer ini telah dipakainya sejak ia mengawali karir di dunia balap. Latar belakang ia memakai nomer ini adalah karena ia sangat ngefans dengan pembalap Jepang bernama Noric Abe yang juga menggunakan nomer 46. Tetapi tidak karena alasan itu saja ia memakai nomer 46, ayahnya Graziano Rossi saat menjadi pembalap pada massanya juga menggunakan nomer 46. Sehingga nomer ini sangat istimewa bagi dia, meskipun sebenarnya, saat ia menjuarai kejuaraan ia mempunyai kesempatan untuk mengganti nomer menjadi nomer satu (1), seperti dilakukan oleh pembalap-pembalap lain. Tetapi bagi Rossi nomer 46 adalah nomer yang sakral, yang mungkin menurutnya selalu membawa keberuntungan. Sehingga ia tidak akan mau mengganti dengan nomer yang lain.Ia tidak mau dijuluki sebagai Super Herro di sirkuit, tetapi ia memilih menjadi "The Doctor" yang punya banyak ide seperti seorang ilmuwan gila dengan melakukan banyak ekperimen edan. Sebab baginya,"membalap itu dibutuhkan keseriusan, ketenangan, kalem dan pemikir seperti seorang dokter" katanya. Motor yang cepat, nyali yang besar belumlah cukup bagi Rossi, kejeniusan seperti Doctor itulah yang ia butuhkan untuk menjadi yang tercepat dalam Motor GP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar